Variable, Expression dan Statement

Terjemahan dari buku Think Python – How to Think Like a Computer Scientist karangan: Allen Downey

2.1 Value dan type

Value adalah satu dari hal dasar yang mana suatu program bekerja dengan nya, seperti sebuah huruf atau sebuah nomor. Value yang telah kita lihat sejauh ini adalah 1, 2, dan 'Hello, World!'.

Value-value ini memiliki type yang berbeda-beda: 2 adalah integer, dan 'Hello World!' adalah string, disebut string karena berisi “a string of letters” yang artinya: serangkaian huruf. Anda (dan interpreter) dapat mengenali string karena string ditandai dengan ditutup oleh dua tanda petik.

Jika anda tidak yakin tipe apa yang dimiliki oleh sebuah value, interpreter dapat memberitahu anda.

>>> type('Hello, World!')
<type 'str'>
>>> type(17)
<type 'int'>

String mempunyai type str dan integer mempunyai type int. Yang kurang jelas adalah, nomor yang mempunyai titik desimal mempunyai type yang disebut dengan float, karena nomor-nomor ini direpresentasikan dalam format yang disebut floating point.

>>> type(3.2)
<type 'float'>

Bagaimana dengan value seperti '17' dan '3.2'? Mereka terlihat seperti nomor, tetapi mereka berada dalam tanda petik seperti string.

>>> type('17')
<type 'str'>
>>> type('3.2')
<type 'str'>

Mereka adalah string.

Ketika anda mengetik integer yang besar, anda mungkin tergoda untuk menggunakan koma setiap 3 digit, dalam hal seperti 1,000,000. Ini bukan merupakan integer yang legal dalam Python, tetapi legal (dalam hal lain):

>>> 1,000,000
(1,0,0)

Itu sama sekali bukan yang kita harapkan! Python menginterpretasikan 1,000,000 sebagai urutan integer yang dipisahkan dengan tanda koma. Ini pertama kalinya kita lihat dari contoh semantics error: kode berjalan tanpa membuat error message, tetapi kode tersebut tidak melakukan hal yang benar.

2.2 Variable

Satu dari fitur yang paling hebat dari bahasa pemrograman adalah kemampuannya memanipulasi variable. Variable adalah sebuah nama yang mengacu pada sebuah value.

Sebuah assignment statement membuat variable baru dan memberinya value:

>>> message = 'And now for something completely different'
>>> n = 17
>>> pi = 3.1415926535897932

Contoh ini membuat tiga penetapan (assignment). Yang pertama menetapkan sebuah string pada variable baru yang dinamai dengan message; yang kedua memberi integer 17 pada n; yang ketiga menetapkan (perkiraan) nilai π ke pi.

003Gambar 2.1: State diagram

Cara yang umum untuk merepresentasikan variable pada kertas adalah menuliskan nama dengan sebuah tanda panah yang menunjuk pada value dari variable tersebut. Ini disebut dengan state diagram (diagram kondisi) karena menunjukkan kondisi didalam setiap variable. Gambar 2.1 menujukkan hasil dari contoh tadi.

Type dari sebuah variable adalah type dari value yang ditunjuk oleh variable.

>>> type(message)
<type 'str'>
>>> type(n)
<type 'integer'>
>>> type(pi)
<type 'float'>

Latihan 2.1. Jika anda mengetik integer dengan diawali oleh angka 0, anda mungkin mendapatkan error message yang membingungkan:

>>> zipcode = 02132
>>> zipcode
1114

Bisakah anda memikirkan apa yang sedang terjadi? Petunjuk: Tampilkan value 01, 010, 0100 dan 01000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s