Catatan Daftar Istilah Pemrograman (Python)

Akhir-akhir ini saya sangat tertarik dengan pemrograman, dan memutuskan untuk mempelajari salah satu bahasa pemrograman yang setelah saya searching-searching katanya bahasa pemrograman yang mudah dipelajari yaitu Python. Saya pun berencana menterjemahkan salah satu buku Python berbahasa inggris ke bahasa indonesia agar “Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui” hehe.. yaitu menterjemahkan buku (mungkin saja bisa jadi duit. hehe..), sekalian mengasah kemampuan bahasa inggris, sekalian belajar pemrograman juga.

Tapi kendalanya pada saat proses belajar, banyak istilah pemrograman yang tidak dimengerti, yang jadinya proses belajarnya pun macet-macet. Akhirnya saya putuskan untuk membuat daftar istilah pemrograman beserta definisi dan contohnya dalam bahasa Python.

Daftar ini sebenarnya untuk catatan saya saja agar catatan ini bisa diakses dimana saja (karena disimpen di blog), asal ada koneksi internet. Juga agar bisa berbagi dengan siapa pun yang sedang belajar maupun para expert yang berbaik hati memberi masukan atau mengkoreksi.

Note : Daftar ini bersumber dari hasil searching saja, trus disimpulkan secara pribadi dari apa yang bisa saya tangkap, dan diungkapkan pake bahasa sendiri. Jadi mungkin saja saya salah tangkap. Dan juga bersumber dari apa yang selama ini saya pahami, jadi mungkin juga selama ini saya salah paham. Hehe… Jadi mohon bantuannya kepada para expert,,🙂

Baiklah, kita mulai…

Token

Token merupakan elemen dasar dari sebuah bahasa pemrograman. Seperti kata dalam bahasa manusia.

Token-token dalam Python : Newline, Indent, Dedent, Identifier, Keyword, Literal, Operator dan Delimiter.

Contoh :

a = 1 + 2

Statement diatas terdiri dari 5 token. yaitu a, =, 1, +, dan 2

Object

Object adalah sesuatu yang mana sebuah variable dapat mengacu padanya.

Di dalam bahasa pemrograman Python, setiap function, class, maupun module dapat dibuatkan sebuah variable yang mengacu kepada mereka. Maka disebutlah bahasa pemrograman python adalah salah satu bahasa pemrograman yang Object-Oriented.

Pada saat variable tersebut dibuat, sebenarnya tidak benar-benar mengacu pada function, class, maupun module tersebut secara langsung. Tetapi mengacu pada instance dari function, class, ataupun module tersebut. Maka yang disebut object bukanlah function, class, ataupun module-nya. Tetapi adalah instance yang mewakilinya. Kok begitu ?

Begini Contohnya :

def kalilima(angka):
....return angka*5

x = kalilima(5) # hasilnya 25
y = kalilima(6) # hasilnya 30

Dari contoh diatas, pada saat membuat variable x, variable x mengacu pada instance dari fungsi kalilima(angka) sebagai object-nya, dengan value 5 untuk argumen angka. Sehingga return value dari object tersebut adalah 25.

Kemudian variable y mengacu pada instance dari fungsi yang sama, tetapi dengan value 6 pada argumen angka. Sehingga return value yang dihasilkan adalah 30.

Jadi jelas bahwa variable x tidak mengacu pada fungsi kalilima(angka), tetapi mengacu pada object atau instance dari fungsi kalilima(angka) yang dibuat khusus untuk variable x, makanya return value-nya adalah 25 tergantung dari argumen yang dimasukkan.

Begitu juga dengan variable y, mengacu pada object atau instance yang dibuat oleh python secara internal khusus untuk variable y. Sehingga menghasilkan return value yang berbeda yaitu 30 (karena menggunakan value 6 untuk argumentnya).

Dengan demikian object yang dituju oleh variable x berbeda dengan object yang dituju oleh variable y. Sehingga jelas yang disebut object itu adalah bukan function-nya tetapi instance dari function.

Identifier

Identifier atau python identifier adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi atau memberi identitas pada suatu variable, function, class, module, atau object lainnya.

Sebuah identifier dimulai dengan huruf A – Z atau a – z atau underscore (_) diikuti dengan sejumlah nol atau lebih huruf, underscore dan digit (0 – 9).

Berikut adalah kesepakatan mengenai cara penamaan identifier dalam Python:

  • Nama identifier Class diawali dengan huruf kapital, dan identifier lainnya dengan huruf kecil
  • Identifier yang diawali dengan sebuah underscore menandakan bahwa identifier dimaksudkan untuk penggunnaan pribadi
  • Identifier yang diawali dengan dua buah underscore menandakan bahwa itu adalah identifier yang berifat sangat pribadi
  • Jika identifier diawali dan diakhiri dengan dua buah underscore, menandakan identifier merupakan nama khusus yang telah ditetapkan oleh Python

Dari contoh a = 1 + 2, a adalah merupakan identifier, memberi nama a kepada variable yang mengacu pada value dari hasil penjumlahan 1 dengan 2.

Contoh lain adalah

def helloworld():
....print("Hello World!")
....return "Halo Dunia!"

hello = helloworld()

Pada contoh ini helloworld merupakan identifier atau nama untuk fungsi yang menjalankan statement print("Hello World!") dan return "Halo Dunia!".

Sedangkan hello merupakan identifier untuk suatu variable yang mengacu pada object atau instance dari fungsi helloworld().

Variable

Variable adalah sebuah nama yang mengacu pada suatu value

Value

Value adalah suatu nilai atau data yang dimanipulasi didalam serangkaian operasi pemrograman. Sebuah value mempunyai jenis yang berbeda-beda, diantaranya adalah Integers, String, Floating Point, dll.

Pada contoh :  a = 1 + 2value dari expression 1 + 2 adalah 3

Operator

= dan + dari contoh diatas merupakan token operator. Karena mengoperasikan sesuatu. + menjumlahkan 1 dan 2. = memasukkan nilai hasil penjumlahan tadi ke a.

Lexical Analysis

Lexical artinya berkenaan dengan token. Lexical analysis (dalam python) merupakan cara python mengartikan skrip yang kita tulis. Menggunakan Lexical Analyzer. Karena skrip yang kita tulis itu tersusun dari token-token. Sehingga perlu cara tertentu agar python bisa menterjemahkan susunan token-token yang kita susun tersebut dalam skrip (atau dalam interactive prompt)

Parser

Parser adalah program yang memeriksa suatu program dan menganalisa struktur sintaksisnya.

Interactive Prompt

Python memiliki software agar kita bisa memberikan perintah-perintah langsung secara interaktif yang disebut dengan istilah Interactive Coding. Software itu disebut dengan Interactive Prompt atau Python Interactive Command Line. Tampilannya kurang lebih seperti ini :

Python 2.7.3 (default, Dec 22 2012, 21:14:12)
[GCC 4.7.2] on linux2
Type "help", "copyright", "credits" or "license" for more information
>>>

Interpreter

Interpreter adalah program yang menjalankan program lainnya. Python interpreter membaca serangkaian kode yang kita tulis dalam sebuah skrip atau dari software interactive prompt, kemudian menterjemahkannya dan menjalankan program-program lain yang sudah disediakan oleh python secara internal sesuai dengan kode-kode yang telah kita berikan.

Maka dari itu python disebut sebagai Interpreted-Language, karena kode-kode yang kita berikan langsung dijalankan tanpa di-compile (dirubah menjadi bahasa mesin) terlebih dahulu.

Expression

Expression adalah kombinasi antara value, variable dan operator yang merepresetasikan sebuah value

Contoh :  1 + 2

Walaupun expression mengandung values, variables, dan operators, tidak setiap expression mengandung semua element ini. Sebuah value pun dianggap sebagai sebuah expression, begitupun variable

Statement

Serangkaian kode yang merepresentasikan suatu perintah.

Contoh:

print("Hello World!")

problem solving: Proses merumuskan masalah, mencari solusi, dan mengekspresikan solusi.

bahasa tingkat-tinggi atau high-level language: Bahasa pemrograman seperti Python yang di desain untuk menjadi mudah untuk dibaca dan ditulis oleh manusia.

bahasa tingkat-rendah atau low-level language: Bahasa pemrograman yang di desain agar mudah dijalankan oleh computer; disebut juga “bahasa mesin / machine language” atau “assembly language.”

portabilitas: Properti dari sebuah program yang dapat berjalan lebih dari satu jenis komputer.

interpret: Menjalankan program dalam bahasa tingkat-tinggi dengan menterjemahkannya baris demi baris.

compile: Menterjemahkan sebuah program yang ditulis dalam bahasa tingkat-tinggi kedalam bahasa tingkat-rendah sekaligus, untuk mempersiapkan untuk dijalankan nanti.

kode sumber atau source code: Program dalam bentuk bahasa tingkat-tinggi sebelum di-compile

kode objek atau object code: Output dari compiler setelah program diterjemahkan.

executable: Nama lain dari kode objek yang mana telah siap di jalankan

prompt: Karakter yang ditampilkan oleh interpreter untuk menandakan bahwa interpreter telah siap menerima input dari user.

skrip atau script: Program yang disimpan dalam bentuk file (biasanya adalah program yang akan di-interpret).

interactive mode: Cara menggunakan python interpreter dengan mengetikkan perintah dan expression pada prompt

script mode: Cara menggunakan python interpreter dengan untuk membaca dan menjalankan statement dalam skrip.

program: serangkaian instruksi yang menentukan suatu perhitungan.

algoritma: Proses umum dalam memecahkan salah satu kategori permasalahan

bug: Suatu kesalahan dalam program

debugging: Proses mencari dan menghapus setiap kesalahan dalam program (bugs)

sintaks: Struktur program

syntax error: Kesalahan dalam program yang membuatnya tidak bisa diuraikan (karena itu tidak mungkin bisa di-interpret)

exception: Kesalahan (error) yang terdeteksi pada saat program sedang berjalan.

semantics atau semantik: Makna dari suatu program

semantic error: Kesalahan dalam program yang membuatnya melakukan sesuatu yang bukan yang dimaksudkan oleh programer.

bahasa natural: Bahasa apapun yang digunakan orang, yang berkembang secara alami.

bahasa formal: Bahasa apapun yang telah di desain oleh orang untuk tujuan spesifik, seperti merepresentasikan ide-ide matematik atau program computer; semua bahasa pemrograman adalah bahasa formal.

print statement: Sebuah instruksi yang membuat Python interpreter menampilkan sebuah value pada layar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s